Honda Jazz, merupakan salah satu produk andalan Honda di kelas B-segment hatchback. Sempat menjadi salah satu money-maker Honda Prospect Motor di Indonesia sebelum serangan low-MPVs dan LCGC.

Sekarang kelas B-segment hatchback seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda2, Suzuki Swift, sudah turun pamornya dibanding 10 – 12 tahun yang lalu. Tidak lain karena kelas ini dianggap “nanggung” dan terjadi pergeseran trend ke SUV dan MPV.

Siapa butuh hatchback besar seharga 250 juta sekarang? Di rentang harga sama, MPV seperti Mobilio lebih mengakomodir kebutuhan orang dengan keperluan mengangkut orang dan barang banyak. SUV kecil seperti HR-V juga terlihat lebih pas dengan jalanan Indonesia dibanding hatchback Jazz apalagi sedan City. Citycar bergeser ke LCGC. Jazz sekarang pembelinya lebih segmented ke anak muda dan pasangan muda yang punya budget.

Honda Jazz generasi ketiga versi Indonesia (Honda Indonesia)

Tapi toh walaupun pamornya turun mobil ini tetap cukup ramai peminat, walaupun terkesan produk yang kurang inovatif sejak 14 tahun yang lalu, dari Honda Jazz generasi pertama dan kedua. Apalagi dibanding Honda Jazz generasi kedua, generasi ketiga terlihat seperti mobil dengan teknologi yang sudah lewat zamannya, hanya menggunakan mesin i-VTEC yang sama dengan generasi kedua (padahal di Jepang menggunakan mesin i-VTEC DOHC dengan tenaga lebih besar) dan transmisi CVT.

But who cares, Honda Jazz tetaplah mobil yang terkenal dengan praktikalitas luar biasa, dan di Thailand mobil ini sudah mendapatkan facelift. Berikut tampang dari Honda Jazz facelift.

 

tampang Honda Jazz versi facelift (indiansautoblog)

Video 360 Honda Jazz Thailand. 

Tidak berubah signifikan (ya iya cuma facelift). Tapi tampang depan dibuat lebih agresif dengan lampu LED dan garis krom tipis melintang di grill seperti Honda City. Bagian bumper depan diberi rumah foglamp yang besar seperti di Honda Civic Hatchback berkode FK yang terbaru. Khas bahasa desain Honda sekarang…

(Paultan.org)

Ubahan lain ada di bagian belakang dengan airdam lebih kecil dan diffuser. Terlihat lebih rapi dan menarik ketimbang model sekarang.

Velg 16 inch nya di Thailand masih model lama, mungkin di Indonesia akan menggunakan velg 16 inch yang berbeda seperti model sekarang.

16 inch wheels yang sekarang (Autonetmagz)

Interior sepertinya tidak mengalami banyak ubahan… mungkin hanya tombol AC saja yang berubah jadi touch screen.

Interior Jazz 2017 (Paultan)

Di Thailand ditawarkan dalam trim S, V, V+, RS, RS+, dengan tipe RS+ sudah dilengkapi 6 airbag. Tapi mungkin jika menilik dari pasar Indonesia akan seperti biasa ditawarkan dalam tipe S dan RS dengan model transmisi Manual dan CVT. Versi 6 airbag? Too good to be true. Paling seperti yang dulu hanya keluar limited edition Blacktop. Honda City ES 6 airbag saja sudah dihapuskan.

Prediksi hanya akan bertambah fitur seperti VSA sebagai standar di semua tipe, semoga saja, jika beneran akan menjadi value yang sangat baik untuk Honda Jazz. AC touch panel tidak berharap banyak, tapi jika betulan ada juga bagus mengingat Honda Jazz yang sekarang dengan puter – puteran kompor agak kurang sedap dilihat. Mungkin head unit floating juga masih dipertahankan. Pola faceliftnya mungkin hanya seperti Honda City, tidak terlalu banyak ubahan, karena Honda sepertinya akan menyimpan amunisi untuk Jazz generasi berikutnya.

Mesin? Di Thailand masih menggunakan unit yang sama, L15Z1 SOHC 120ps/145Nm.

Di Thailand harga Honda Jazz mulai dari 555.000 THB – 754.000 THB, sekitar 230juta (S Manual) – 295juta Rupiah (RS+). Prediksi saya di Indonesia mungkin sekitar 230 – 270 juta Rupiah, mengingat Honda Jazz yang sekarang saja 231 juta sampai 266 juta Rupiah OTR Jakarta.

Mungkin mobil ini akan diluncurkan bersamaan, atau setelah Civic Hatchback. Sementara ini Honda sepertinya akan fokus ke Civic Hatchback dulu.

Jazz facelift mungkin sama kurang menariknya seperti City facelift karena ubahannya sangat minor, tapi bagaimanapun untuk anak muda yang masih mencari kepraktisan tapi tidak butuh mobil 7 seater seperti Mobilio karena terlihat sangat family man, ia masih layak dipilih.

One thought on “2017 Honda Jazz Facelift Predictions – Indonesian Spec

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *