Libur lebaran sudah dekat… Libur yang paling ditunggu – tunggu, ritual mudik selalu menjadi budaya orang Indonesia setiap libur lebaran. Kendaraan anda pun siap di”siksa” dengan segala macam jenis siksaan melewati arus mudik yang kejam melawan sesama pemudik.

Arus mudik yang sangat menguji kesabaran anda dan kemampuan mobil anda.

Sumber : Okezone

Untuk itu saya memiliki beberapa tips untuk pemudik maupun yang non-muslimin berlibur, utamanya yang menggunakan kendaraan pribadi. Berkaitan dengan perawatan kendaraan.

Berikut 5 Item penting yang harus diperiksa saat anda ingin berlibur – hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit di garasi untuk memeriksa hal – hal berikut.

  1. Ban dan Velg

Kondisi ban adalah yang terpenting di sebuah kendaraan, karena ini adalah komponen yang menjadi tumpuan nyawa kita di jalan. Sebagai komponen yang penting dan langsung kontak ke jalan, pemeriksaan ban sebelum mudik ke kampung halaman adalah hal yang krusial.

Periksa tekanan angin ban, hal ini bisa terlihat secara fisik apakah ban anda mengempis ketika dimuati orang dan barang penuh? Jika memerlukan bantuan anda bisa ke tyre shop terdekat untuk diperiksa dan ditambah tekanan jika ingin membawa penumpang dan barang bermuatan penuh. Tambahkan 2 – 3 psi dari standar rekomendasi supaya dapat mengakomodir beban tambahan.

Dampak dari kurang tekanan (tengah/under inflation) dan kelebihan tekanan (kanan/over inflation)

Sumber : tyre-shopper.co.uk

Memeriksa tekanan ban penting supaya tidak terjadi sesuatu yang membahayakan keselamatan anda dan keluarga.

Sumber : McConechy’s Tyre Service

Cek juga tahun pembuatan ban, barangkali anda lupa ganti ban karena sibuk. Usia ban yang ideal adalah 3 – 5 tahun tergantung pemakaian, di atas itu kompon karet pasti sudah keras. Selain tidak nyaman juga tidak aman, meskipun kembangan masih bagus.

Cara memeriksa tahun pembuatan ban, misal di gambar “1612” artinya ban tersebut dibuat di minggu ke-16 tahun 2012.

Sumber : Media Center Kendedes

Kembangan ban, perhatikan treadwear indicator di sidewall ban. Jika kembangan sudah mendekati tread wear indicator, segera ganti! Menghemat ratusan ribu tidak sebanding dengan keamanan keluarga anda di jalan.

Tread Wear Indicator

Sumber : hargamobilmurah.com

Kondisi side wall ban, jika sudah banyak retak lebih baik segera diganti. resikonya akan sangat fatal jika ban sudah banyak retak. Berisiko sobek dan lagi – lagi nyawa anda taruhannya!

Side Wall terkelupas awal dari masalah besar 

Sumber : tacoma world

Untuk memeriksa apakah velg ada peyang sedikit atau tidak, periksalah dengan melakukan balancing. Velg peyang bisa berisiko tidak nyaman dan juga membuat mobil anda kehilangan kendali di jalan tidak rata. Performa pengereman pun pasti terganggu.

Proses Balancing diperlukan untuk memeriksa apakah ban anda berotasi normal atau tidak. Velg peyang bisa dideteksi melalui proses balancing.

Sumber : Continental Bayswater

2. Sistem kemudi

Tentu kita tidak mau tiba – tiba mobil susah terkendali di jalan, karena itu periksa sistem kemudi. Tie-rod, long tie-rod, minyak power steering untuk yang menggunakan sistem hidrolik, cek scanner untuk tipe Elektrik. Untuk tahu sistem power steering apa yang ada di mobil anda cukup simpel : buka kap mesin dan cari reservoir minyak power steering. Jika tidak ada maka bisa dipastikan mobil anda menggunakan sistem elektrik, atau mungkin tidak ada power steeringnya kalau mobil di bawah tahun 90an. Mintalah tolong bengkel spesialis power steering dan kaki – kaki jika anda tidak paham.

Contoh gambar minyak power steering, posisi minyak power steering selalu terlihat jika anda membuka kap mesin. Indikator ketinggian merupakan informasi awal supaya anda dapat mengetahui kondisi power steering anda.

Sumber : ClubLexus

Periksa level / ketinggian oli power steering. Jika sudah berkurang banyak, coba periksa selang – selang dan lantai garasi apakah ada kebocoran?

Untuk suspensi dan kaki – kaki, lakukan onderstel / pengencangan baut dan periksa apakah ada kebocoran pada shock absorber dan rasakan goyangan shock absorber di jalan tidak rata apakah terlalu keras / mengayun, intinya jika anda merasa tidak normal dengan goyangan shock absorber anda mungkin per / shock absorber nya sudah harus diganti. Penting untuk mengetahui kondisi shock absorber karena berkaitan dengan kenyamanan keluarga di perjalanan.

Contoh kebocoran pada shock absorber. Gejalanya bisa mobil terlalu mengayun karena goyangan per tidak diredam dengan baik oleh shock absorber, atau bisa juga dari bunyi “ngik-ngik” ketika lewat jalan rusak.

Sumber : hdabob

3. Pengereman

Periksa kondisi minyak rem, bila perlu dikuras sebelum dan sesudah bepergian. Penting karena debu – debu, air, dan kotoran akibat pemakaian berisiko membuat performa pengereman berkurang dan kasus terburuknya bisa blong.

Proses melakukan brake bleeding / menguras minyak rem dari channel YouTube ChrisFix. Bisa dilakukan sendiri di rumah tetapi juga bisa minta bengkel untuk melakukannya. Biaya di bengkel biasa 200 – 300 ribu termasuk membersihkan rem dan cairan brake cleaner.

Periksa kampas rem, tidak ada kompromi untuk ini. Jika sudah di bawah 30% segera diganti, terutama jika perjalanan anda makan jarak yang tidak pendek. Gunakan kampas rem original atau brand yang terpercaya. Membeli kampas rem abal – abal bisa berakibat merusak disc brake / cakram rem . Duit lagi, deh.

Kondisi kampas rem yang sudah habis (kiri) dan baru (kanan)

Sumber : Ford Truck Enthusiast.

Periksa juga injakan pedal apakah wajar ? Biasanya jarang terjadi jika anda rutin merawat mobil, tapi jika sudah terlalu parah gejalanya pedal rem terlalu keras, ini berasal dari booster rem yang bermasalah. Tapi jika mobil anda rutin dirawat akan sangat jarang sekali terjadi.

Jika pedal rem anda keras, kemungkinan besar booster rem anda dalam masalah. Fungsi booster rem adalah memberikan bantuan “tekanan” ke master cylinder ke empat roda. Masalah ini jarang terjadi dan gejalanya sangat mudah dideteksi. 

Sumber : ClearMechanic.com

4. Komponen penggerak (mesin dan transmisi)

Anda tidak mungkin melakukan overhaul mesin dan transmisi untuk liburan yang paling hanya seminggu. Langkah antisipasi nya adalah selalu periksa kondisi oli mesin dan ATF untuk transmisi otomatis melalui stik oli / dip stick. Dip stick mudah ditemukan di ruang mesin, adalah suatu komponen stick / batang yang berfungsi memberikan sampel oli. Melalui dip stick anda bisa melihat kondisi oli dari warna dan level / ketinggian oli. Ada indikator min/max di dipstick oli mesin dan transmisi. Tapi pastikan lantai garasi anda rata / tidak miring.

Posisi engine oil dip stick selalu berada di sekitar cover engine.

Sumber : BreakerLink

 

Panduan Memeriksa oli mesin dengan dip stick, setiap dip stick mempunyai desain berbeda – beda, tapi umumnya seperti ini.

Sumber : 2Pass.

Indikator warna, warna untuk oli mesin biasanya bening / kekuningan, dan oli ATF biasanya warna merah muda. Jika sudah berubah menjadi agak gelap / kecoklatan atau lebih parah sampai hitam, segera lakukan penggantian! Anda mau jalan jauh ini bukan mau cari jajan di seberang rumah.

Jika oli berkurang sedikit (biasanya jarang terjadi di mobil yang sehat) bisa ditambahkan lagi, tapi jika oli berkurang banyak, coba periksa gas buang anda apakah ada asap putih kebiruan? Jika ada berarti anda perlu overhaul. Antara ring piston atau seal klep kena. Jackpot. Bedakan dengan asap putih ketika menyalakan mobil di pagi hari, itu uap air dan asap putih tersebut akan hilang seiring mobil mencapai temperatur kerja / sudah “panas”.

Kurangnya oli bisa disebabkan oli ikut terbakar akibat ring piston (atau ring seher) sudah aus. Periksakan ke bengkel terpercaya.

Sumber : AutoLeak

Jika tidak ada asap putih, periksa lantai garasi anda apakah ada tetesan oli? Periksa juga filter oli anda apakah oli merembes dari sana? Cek juga rembesan – rembesan lain di kap mesin. Modal senter henpon aja bisa. Oli yang berkurang berisiko menyebabkan overheating. Tentu anda tidak ingin menghabiskan waktu liburan anda untuk reparasi mobil.

Lalu jika mobil anda bertransmisi manual, periksalah injakan pedal kopling anda dan jika anda menemui gejala slip (RPM mesin naik tapi kecepatan lambat naik) mungkin pelat kopling anda tipis, periksa juga minyak kopling anda dari kebocoran.

Kopling bekerja dengan sistem gesekan, jika kampas kopling habis maka gejala selip akan ada. Deteksi gejala selip sebelum terlambat.

Sumber : Honda Tech

5. Sistem pendinginan (radiator)

Cara termudah memeriksa sistem pendingin adalah memeriksa isi cairan radiator di tangki cadangan. Jika air di sana berkurang terus seiring pemakaian berarti ada masalah. Periksa kebocoran di selang – selang radiator dan bila perlu, water pump. Periksa juga tutup radiator apakah pegas penahan masih bekerja dengan baik. Jika air radiator berada pada level wajar dan tidak berkurang drastis, artinya radiator anda masih sehat. Jangan menambahkan air minum / air mineral atau air kran biasa ke radiator! Untuk darurat tidak masalah tapi untuk jangka panjang akan berisiko menimbulkan karat. Kecuali anda tidak berniat menggunakan mobil di atas 5 tahun.

Reservoir coolant punya bentuk berbeda – beda, cek buku manual anda untuk mengetahui letak dari reservoir. Biasa tidak jauh dari radiator.

Sumber : Driving Test Tips

Periksa kipas, mintalah tolong kepada saudara, istri, anak, atau tetangga, atau pembantu anda untuk melihat kipas sembari anda menginjak gas di angka 3000 RPM konstan, wajarnya dalam beberapa menit kipas akan menyala. Jika kipas tidak menyala bisa jadi sekring / fuse atau kabel nya bermasalah, segera panggil mekanik bengkel terpercaya untuk datang ke rumah. Yang termudah biasanya layanan home service / road assistance dealer resmi akan sangat membantu. Jangan jalankan mobil yang kipasnya bermasalah karena sangat berisiko besar!

Kipas pendingin radiator berada persis di belakang radiator (menghadap ke luar). Jika tidak berfungsi biasa antara motor fan atau sekring yang rusak. Ada juga beberapa mobil yang memiliki extra fan untuk pendingin AC, biasanya mobil Eropa.

Sumber : ClearMechanic

Intinya apabila pemeriksaan anda  berujung pada sesuatu yang tidak wajar, segeralah konsultasi atau bawa ke bengkel terpercaya. Pastikan mobil anda sehat ketika dibawa berlibur. Jangan lupa cuci mobil sebelum dan sesudah mudik, dan yang terpenting : berdoa memohon perlindungan dari Yang Maha Kuasa.

Selamat Berlibur dan Selamat Idul Fitri kawan – kawan ku yang muslimin… Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *