Ada alasan mengapa posting tentang Civic generasi 6 – 10 saya pisahkan.

Pertama, jelas bahwa Civic generasi 6 adalah awal mula kelahiran Civic Type-R. Dengan kata lain membahas Civic generasi 6 – 10 tidak bisa lepas dari membahas versi Type-R nya.

Kedua, jika sebelum – sebelumnya Civic hanya tersedia versi wagon, sedan, hatchback, dan coupe, generasi 6 – 10 juga melahirkan banyak derivatif lain dari Civic seperti Stream dan CR-V.

Sehingga karena ceritanya akan panjang, daripada bosen baca mending saya pisah jadi 2 post saja.

1996 – 2000 (EK, SO) The “Ferio” : First VTEC in Indonesia

Di Indonesia, dikenal dengan nama “Ferio”. Meskipun di Amerika, “Ferio” adalah nickname untuk Civic Sedan generasi ke-5 (Genio, EG/SR). Awalnya versi buas dari Civic EK masih diberi nama seperti pendahulunya, SiR-II.

Civic generasi 6 dikenal dengan nickname “Ferio” di Indonesia dan hanya diperkenalkan dalam versi sedan 4-pintu. (wikipedia)

…. Meskipun ada versi hatchback di luar Indonesia. (edmunds)

Versi Indonesia seperti biasa hanya mendapatkan D16Y5 SOHC VTEC-E 1.6Liter 125hp. Ini adalah Honda Civic (dan mungkin) Honda pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi VTEC bersamaan dengan kakaknya, Accord CD5 “Cielo” Facelift dengan mesin berkode F22.

Versi High-Performance pada awalnya masih dilabeli SiR-II dengan ciri khas stiker DOHC VTEC di samping pintu (favcars)

Penggemar game Need For Speed mungkin akan ingat mobil ini muncul di NFS Underground 2 sebagai salah satu dari 4 mobil pertama. Civic Si Coupe (pinterest)

Baik Si maupun SiR-II tetap menggunakan good old B16A engine.

Versi facelift tahun 1999, terlihat lebih modern dengan lampu belakang multi-reflektor dan desain lebih mewah (gtcarlot).

Di versi facelift terdapat edisi “sporty” bernama Vi-RS dengan aerokit dan fitur paling menariknya adalah mesin D15B 3-stage VTEC. Mesin ini masuk ke Indonesia pada adiknya, Honda City Type-Z VTEC. (pinterest)

Mulai generasi ini, badge “Si” digunakan khusus di pasar Amerika, sedangkan JDM menggunakan SiR dan Type-R.

Di tahun 1997 pula lahir CR-V, yang merupakan SUV pertama dengan sasis Civic.

CR-V generasi pertama, masuk Indonesia baru 3 tahun setelahnya dan lifespan nya tidak sampai 2 tahun sebelum digantikan oleh CR-V generasi 2 di 2002, sehingga populasinya tergolong langka (netcarshow)

Kalo BR-V : Brio Rasa suV, CR-V mungkin akronim dari Civic Rasa suV…

1997 – 2000 First Generation Type-R (EK9) : Birth of the “R”

(HondaTuning)

Badge Type-R, sebetulnya bukan pertama kali diperkenalkan di Honda Civic, justru pertama diperkenalkan di supercar Honda, NSX.

Konsep dari Civic Type-R adalah menjadi mobil trackday yang bisa dipakai harian dan tidak berfokus untuk kenceng – kencengan. Type-R fokus menjadi mobil yang “fun to drive” dalam arti sebenarnya, sangat engaging dan mengutamakan driver’s involvement.

Akhirnya formula Type-R selalu sama : high-powered N/A engine, weight reduction, increased chassis rigidity, stiffer suspension, close-ratio manual transmission, front-helical LSD, dan front wheel drive.

Fun fact : Biasanya faktor pertama dan terakhir yang membuat Civic Type-R dibully : mobil yang torsinya setara mesin potong rumput (karena N/A high-rev ngejar HP tinggi membuat Civic Type-R punya torsi yang rendah, tidak sebesar mobil – mobil seperti VW Golf GTI yang pakai turbo).

Lalu front wheel drive, well, tipikal bully petrolhead “wrong wheel drive“. Walaupun sebenarnya banyak advantages dari front wheel drive,

Toh faktanya FWD punya on-wheel traction lebih baik, lebih ringan dibanding AWD / RWD, dan lebih efisien menyalurkan tenaga di mobil bermesin kecil dibanding RWD, walaupun di satu titik jika tenaga terlalu besar FWD akan mengalami understeer parah.

Bahkan suda di state sejak dari zaman Civic Excellent, far before the Type R was born (pinterest)

Dan Civic Type-R memang paling ideal menggunakan FWD. Kenapa ? Karena Civic Type-R adalah mobil keluarga yang di-sport-kan. Dan itu adalah prinsipnya hot-hatchback seperti VW Golf bukan ?

Tentu berbeda dengan S2000 atau NSX, dimana didesain menjadi pure sports car, front-rear balance sangat berpengaruh.

Civic Type-R EK9 non-facelift tahun 1997. Warna ini adalah warna ikonik dari Honda Civic Type R dan lineup Type R lainnya, Championship White, sampai sekarang. (Japan Cars)

Civic Type-R EK9 Facelift, perbedaan paling terlihat ada di bumper depan (pistonheads)

Berbeda dengan SiR, Type-R mendapat tweaking mesin lebih bertenaga. EK9 Type-R menggunakan B16B, mesin berkapasitas 1.6 liter Naturally-Aspirated yang mampu berteriak hingga 8000 RPM. Tenaganya pun terbilang besar untuk mesin 1.6 Liter Naturally-Aspirated, 185 horsepower.

Belum lagi jika kita mendengar figur bobotnya yang hanya 1.090 kg berkat segala upaya “strip-out” mengurangi bobot mobil. Sekitar 50 kg lebih ringan daripada versi standar.

So, wondering how fast it is ? Kalau Honda Jazz Manual saja sudah kenceng (8.9 detik), mobil 1.045 kg dengan tenaga 120 hp saja sudah kencang, mobil ini diklaim 0-100 nya dalam waktu 6.8 detik. So, imagine how this car pulls… Bahkan Civic 1.5 Liter Turbo terbaru pun masih 7.5 detik.

Ciri khas head berwarna merah, menandakan ini adalah Type-R (jdmaster)

EK9 bahkan menjadi salah satu lawan terberat dari Fujiwara Takumi di Initial-D (IMCDb)

Salah satu mobil pertama dengan livery khas Spoon Sports (pinterest)

Type-R EK9 dijual khusus untuk market Jepang, sehingga tidak ada perbedaan spesifikasi. Walaupun ada beberapa orang yang mengimpor sendiri. Termasuk di Indonesia seingat saya ada 1 unit.

2001 – 2005 Seventh Generation (ES, EP) : When Civic Gets Luxuries

Generasi ketujuh, pertama kali Civic tidak punya nama panggilan unik. Generasi ini jujur kurang dikenal ketimbang generasi lain – lainnya di Indonesia.

Bahkan ketika saya mau ngasih subjudul saja saya bingung, apa yang bikin Civic generasi 7 ini unik.

Dan saya menemukannya dari dua kata di wikipedia : “bumping up“. Yang artinya seperti “naik kelas”. Yup! Memang mulai di generasi ini sepertinya Civic dibuat untuk menyasar konsumen yang lebih mapan. Dari tampilan saja terlihat lebih ke arah elegan ketimbang sporty.

Di Indonesia, tetap ditawarkan versi sedan saja dengan dua trim kemewahan VTi dan VTiS dan transmisi 5-speed Manual dan 4-speed Automatic (edmunds)

Versi Facelift tahun 2004 – 2005 mempunyai desain lampu depan lebih dinamis dan lampu belakang yang ketika menyala berbentuk bulatan. Seperti prequel dari Civic FD (autowp.ru)

Di Indonesia dijual dalam (oh God…) versi mesin “banci” saja, D17A 1.7 Liter DOHC VTEC 130 hp dengan trim VTi dan VTi-S.

Tetapi baru di Civic generasi ini dijual versi yang “agak sedikit beringas”, Limited-R. Walaupun sama – sama bermesin D17A tapi sepertinya dengan ECU setting yang berbeda. Tenaga meningkat menjadi 140 hp, trimming merah di sekujur interior, velg warna putih yang lebih sporty. Limited-R hanya dijual terbatas.

Limited-R, edisi terbatas (modifikasi.com)

Civic ES ini juga adalah Civic yang pertama kali menggunakan McPherson Strut di suspensi depan dan double wishbone di suspensi belakang, yang mana digunakan terus sampai generasi ke-9 (FB).

Versi hatchback nya tidak dijual di Indonesia, kini tersedia 3 pintu dan 5 pintu. Versi hatchback 3 pintu lah yang menjadi basis Type-R generasi kedua.

3-door Civic Hatchback (EP) (commons.wikimedia)

5-door Civic Hatchback, agak kurang proporsional… (autowp.ru)

Versi hatchback ditawarkan dalam versi 2.0 Liter dengan teknologi baru : i-VTEC berkode K20A. Di Indonesia, mesin ini malah tersedia di Honda Stream, yang merupakan derivatif produk dari Civic generasi ketujuh, juga Honda CR-V generasi kedua yang bermesin 2.0 Liter.

Honda Stream bermesin K20A 155hp, sama seperti Civic hatchback versi luar, ditandai dengan grill hitam yang lebih sporti dibanding versi standarnya (autowp.ru)

CR-V generasi kedua, juga menerapkan mesin K20A i-VTEC. (autowp.ru)

2001 Second Generation Type-R (EP3) : First K-engine Installed in Type-R.

Type-R generasi kedua, juga lahir bersamaan dengan Civic generasi ketujuh. Mengambil basis Civic Hatchback berkode EP, Civic Type R nya punya kode EP3.

Civic Type R non facelift 2001-2003 (autowp.ru)

Civic Type R Facelift 2004-2005, perbedaan di luar ada di bumper dan lampu. Versi standar juga mengalami ubahan serupa (autowp.ru)

Civic Type R non-facelift 2001 – 2003. (autowp.ru)

Versi facelift mendapat ubahan di lampu belakang sama seperti versi standar (autowp.ru)

Type-R tidak menggunakan lagi mesin B16 , mesin itu dipensiunkan dan diganti dengan K-engine. Di Type-R EP3, ditanamkan jantung berkode K20A i-VTEC DOHC. Type-R dirakit di fasilitas perakitan Honda di Swindon, UK.

Untuk versi JDM di-tweak lebih ke track-oriented ketimbang versi EDM. Mesin pun khusus JDM menggunakan K20A 212 hp, sedangkan EDM K20A2 200 hp.

Fitur mekanis lainnya : 6-speed Manual, Front-helical LSD (JDM-market only), recaro race seats (JDM market only).

Warna championship white pun hanya tersedia di versi JDM. Intinya, versi Eropa seperti di-anaktirikan dan inferior sekali dibanding versi JDM.

0-100 figure mobil ini sekitar 6.5 detik. Masih sangat kompetitif bahkan dibanding Golf MK.7 GTI sekalipun.

2006-2011 Eighth Generation (FD, FN) : The Millenials Civic

Tidak ada kata yang lebih tepat untuk menggambarkan Civic generasi 8, atau berkode bodi FD sebagai Civic nya generasi millenial.

Karena apa ? Karena generasi millenial yang lahir dari pertengahan 1990an sampai 2000 rata – rata mengenal Civic baru dari generasi FD. Dan Civic FD adalah Civic yang sangat bergaya millenial. Secara keseluruhan desain terlihat sangat maju dari zamannya.

Keluarga kami sempat punya mobil ini di tahun 2009 versi 1.8 Liter Automatic (FD1), mobil tahun 2007, dengan odometer masih 8000 dan barang masih sangat bagus, salah satu mobil terbaik yang pernah kami miliki.

Ah, what a memory…

Civic Generasi 8 berkode FD, dengan desain yang begitu revolusioner (autowp.ru)

IMG_20170211_172919

Versi Facelift tahun 2009-2011, cirinya lampu depan smoke, grill yang lebih mengotak, dan bumper lebih mengotak ala Type-R, selain itu di tahun 2010 juga ada update di bentuk velg dan ukuran velg di versi 2.0 Liter lebih besar 1 inch menjadi 17 inch. 

Lampu belakang bulat 4 titik, terlihat sangat sporti dan ikonik (autowp.ru)

IMG_20170211_172651

Versi Facelift di tahun 2009 dengan lampu belakang segidelapan

Yang lebih memikat lagi, di generasi ini Honda mengenalkan desain dasbor 2-level bernama “multiplex” yang terlihat sangat futuristis. Desain ini memanfaatkan satu layer tambahan di atas tachometer untuk display speedometer digital. Tachometer pun berada di tengah – tengah setir sehingga serasa berada di dalam sebuah mobil sport.

So millenial, isn’t it? 

Bukan interior versi Indonesia, sadly… (autowp.ru)

IMG_20170211_173010

Nah, ini baru versi Indonesia…

Pertama kali di generasi ini Civic diberi dua pilihan mesin.

Mesin pertama dan yang paling laku adalah R18A 1.8 Liter SOHC i-VTEC bertenaga 140 hp, yup, saya nggak salah ketik. Setelah Accord dan CR-V, giliran Civic mengadopsi teknologi i-VTEC, dan ini adalah mesin SOHC i-VTEC pertama sebelum L15 i-VTEC di Honda Jazz GE8. R18A ini sendirinya adalah mesin yang punya mekanisme unik. Jika biasanya VTEC aktif di putaran tinggi, di R-engine (R18A dan R20A, yang digunakan di CR-V 2.0 Liter pada tahun 2007) VTEC nya berupa eco-cam, sehingga malah aktif di putaran rendah untuk membantu low-end torque. Versi 1.8 Liter (FD1) punya 2 pilihan transmisi : 5-speed Manual dan 5-speed Automatic.

Pilihan kedua adalah K20Z2 2.0 Liter DOHC i-VTEC bertenaga 155 hp. Ini adalah Civic paling powerful yang pernah dipasarkan di Indonesia, sebelum era Civic Turbo. 155 hp terdengar biasa saja, tapi mengingat K-engine ini adalah performance-lineup Honda sama seperti B-engine sebelum era 2000an, mesin ini menyimpan potensi sangat besar untuk di-tuning, mengingat ini basis nya sama dengan versi savage nya : Civic Type R. Sayang versi 2.0 Liter hanya ditawarkan dalam versi 5-speed Automatic, meskipun versi Manualnya ada beredar beberapa unit di tanah air. Versi 2.0 Liter (FD2) saat itu punya fitur yang cukup canggih pada zamannya, termasuk sudah dilengkapi Vehicle Stability Assist (VSA) yang sebelumnya hanya terdapat di Accord, di saat Toyota Corolla Altis dan Mitsubishi Lancer EX belum punya.

IMG_20170211_172801

Unit 2.0 Liter K20Z2 di Civic FD2

Oh iya, mobil ini versi Hybridnya pernah masuk ke Indonesia secara terbatas, hanya 3 unit, bermesin 1.3 Liter 3-stage i-VTEC bertenaga 93 hp dengan motor listrik IMA (Integrated Motor Assist) bertenaga 20 hp, diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008.

Perbedaan versi Hybrid dari luar adalah dari bentuk velg yang digunakan (autowp.ru)

Selain versi sedan, Civic generasi-8 juga punya saudara berbodi hatchback 3-pintu berkode FN dan 5-pintu berkode FK.

Civic Hatchback generasi 8 berkode FK (autowp.ru)

Civic 3-pintu berkode FN, jauh lebih proporsional… (autowp.ru)

CR-V generasi ketiga, satu basis dengan Civic generasi ke-8 (autowp.ru)

2007 Third Generation Type-R (FD2, FN2) : 2 Body Styles, Different Specs, Even-More-Savage Version

Di generasi ketiga ini pertama kali Type-R dijual dalam dua jenis bodi : Hatchback dan Sedan.

Versi sedan untuk JDM dan versi Hatchback untuk EU. Sayangnya, spek keduanya langit bumi… Di saat Civic Type-R sedan mendapat pujian dimana – mana, versi hatchback nya justru inferior dan bahkan lebih lambat daripada generasi sebelumnya.

Versi sedan basis bodinya menggunakan Civic Sedan berkode FD. Kode bodi dari Type-R ini adalah FD2R. (autowp.ru)

Versi Hatchback menggunakan kode bodi FN2, sayangnya ia tidak se-beringas saudaranya (autowp.ru)

Review Jeremy Clarkson untuk Honda Civic Type R di TopGear.

Penyebabnya adalah meskipun mesin yang digunakan sama – sama K20A, di sedan menghasilkan output 222 hp, sementara di versi hatchback menghasilkan 201 hp alias hanya 1 hp lebih besar dari generasi lama nya! WTF !?

Versi hatchback juga 60 kg lebih berat daripada versi sedan, dan suspensi belakang versi hatchback menggunakan torsion beam, kontras dengan generasi sebelumnya dan versi sedan yang menggunakan independent.

Selain itu, ini adalah Type-R dengan banyak versi yang lebih ganas :

Versi paling ganas dari Type-R FD2 adalah Mugen RR, dengan mesin K20A yang di bore-up menjadi 2.200cc dan bertenaga 240 hp. Ada 3 unit di Indonesia kalau tidak salah. (autowp.ru)

Mugen RR Experimental Spec, bertenaga 260 hp dan beberapa panel bodi diganti carbon fiber (autowp.ru)

Counterpart nya, Civic Type R Mugen di Eropa bertenaga 240 hp, hanya dijual 20 unit saja di Eropa (autowp.ru)

Mugen Civic Type-R 2.2 bertenaga 260 hp. Dibuat dari 4 unit tersisa dari FN2 Type-R Mugen , bahkan pemilik versi sebelumnya bisa ke Mugen untuk memodifikasi mesinnya. That’s passion… (autowp.ru)

Edisi terbatas “Mugen 200” , Tersedia 200 unit saja di UK, dengan aerokit ala Type-R Mugen meskipun tanpa mesin di Type-R Mugen yang bertenaga 240 hp.  (autowp.ru)

2012-2015 Ninth Generation (FB, FK) : Surviving the Crisis, The First “American” Civic Sold Globally

Hmm… Agak kompleks untuk bercerita tentang Civic generasi 9, karena ini adalah masa downfall nya Honda, dimana terjadi krisis kredit global pada tahun 2008 dan kolapsnya Lehman Brothers. Selain itu, entah ada hubungannya atau tidak, tahun 2010 Honda menghentikan pengembangan Civic di Jepang, dikarenakan alasan mereka ingin fokus ke mobil kecil dan ramah lingkungan.

Ini yang menyebabkan ada missing link antara Civic generasi 8 Asia dengan generasi 9. Karena dikembangkan menurut pasar Amerika, mungkin salah satu alasannya Amerika adalah salah satu pasar terbesar Civic.

Gaya desain Civic generasi 9 pun sangat Amerika, yang sayangnya, sulit diterima oleh pasar Asia. Oleh karena itu jika kita membahas Civic generasi 9, harus liat Civic generasi 8 USDM (US Domestic Market) dulu, baru mungkin kita bisa maklum kenapa Civic generasi 9 bentuknya “aneh”.

USDM Civic Sedan generasi 8 (autowp.ru)

USDM Civic Sedan generasi 8 (autowp.ru)

Entah karena Amerika lebih suka desain mengotak, atau memang Civic di sana lebih identik dengan mobil “eco”, yang dipakai orang kantoran, makanya desainnya lebih kaku dan konservatif. Hal ini tentu saja berdampak pada desain Civic berikutnya : generasi 9. Bahkan kode bodi generasi 9 pun mengikuti kode bodi Civic Amerika.

Civic Amerika generasi 8 berkode FA, sedangkan Civic generasi 9 berkode FB, dan seterusnya mengikuti kode ini di generasi 10, FC.

DSC_3583

DSC_3587

Exterior Civic generasi 9 (FB)

Well, I am currently using 9th generation Civic. Foto di atas adalah foto kendaraan perang harian saya. Beli kondisi 2nd tahun 2016, waktu itu alasannya karena… dapet murah.

Saya bahkan sering mengatakan mobil ini “Honda Corolla” atau “Toyota Civic”, atau “mobil dinas kantor”. Karena desain mobil ini memang sangat konservatif dibanding Civic FD dan nggak biasa di mata orang Asia macem saya. Modelnya lebih kebapak – bapakan. Meskipun interior masih mempertahankan desain lamanya.

Tetapi issue di mobil ini sangat banyak, bahkan di Amerika sendiri mereka protes dengan styling, ride, dan kualitas interior yang jauh memburuk dibanding generasi sebelumnya. Akhirnya dalam kurun waktu 1 tahun, Civic generasi ini mendapat facelift, yang paling major adalah ubahan pada bagian belakang.

Sayangnya di Indonesia versi ini tidak masuk, tetap mempertahankan buritan lamanya (autowp.ru)

Di Indonesia sendiri pertama kali diperkenalkan tahun 2012, dengan dua pilihan mesin : 1.8 Liter dan 2.0 Liter sama seperti pendahulunya.

Perbedaannya jika Civic FD menggunakan mesin 2.0 Liter DOHC K20, maka 2.0 Liter di FB adalah mesin “banci”, R20 SOHC bertenaga 155 hp ditawarkan dalam 5-speed Automatic. Sedangkan versi 1.8 Liternya lebih besar 1 hp daripada FD, dan ditawarkan dalam versi 5-speed Manual dan 5-speed Automatic. Menurut product guide Honda meskipun kasat mata tidak ada perubahan, tetapi dilakukan beberapa ubahan teknis kecil di versi 1.8 Liter dan transmisinya.

Versi facelift Asia, hanya ubahan di grill dan roda saja, sedangkan bagian belakang tetap sama. (autowp.ru)

Civic generasi 9 juga ada versi hatchback 5-pintu di luar negeri. Tidak ada versi 3-pintu lagi sejak generasi ini. Selain itu ada versi wagon dan coupe sama seperti generasi sebelum – sebelumnya.

Civic Hatchback, Wagon, dan Sedan. Versi sedan terlihat paling konservatif … desain ala “mobil dinas kantor” (autowp.ru)

CR-V generasi ke-4, satu basis dengan Civic generasi 9 (autowp.ru)

Versi Si (Sport-injection) dari mobil ini menggunakan mesin 2.4 Liter K24 bertenaga 201 hp di Amerika.

 

Civic Si generasi 9 (autowp.ru)

2015 Fourth Generation Type-R (FK2) : VTEC … errr … TURBO KICKED IN YO!

Type-R generasi keempat kembali ditawarkan dalam versi hatchback saja, dan kemunculannya terbilang terlambat sekali, karena masa hidup Civic Type R generasi ini hanya 1 tahun lebih sedikit saja.

Mobil ini berkode FK2, mengambil basis bodi Civic Hatchback Facelift.

Honda Civic Type R generasi keempat berbasis Civic Hatchback Facelift (autowp.ru)

Meskipun punya life span yang singkat, mobil ini adalah cikal-bakal dari Civic Type R terbaru yang kita kenal sekarang ini di Indonesia. Ini adalah pertama kalinya Honda meninggalkan mesin N/A untuk Type-R dan menggantinya dengan unit berkode K20C1 dengan Turbocharger.

And this car, is the starter for “VTEC TURBO” mayhem… 

K20C1, mesin terbaru Civic Type R. Mesin ini bertenaga 306 hp dan punya torsi 400 Nm, sangat jauh dibanding mesin Type R sebelum – sebelumnya. Mampu melesatkan Type R dalam waktu 5,7 detik. (road & track)

Dan berkat setting suspensi dan LSD depan yang jenius, Honda mampu mereduksi torque-steer yang sering dialami oleh mobil berpenggerak roda depan pada umumnya, tetap mempertahankan heritage nya dengan penggerak roda depan, dan hanya tersedia versi Manual 6-speed saja.

2016 – now, Tenth Generation (FC, FK) “Civic Turbo” : The Unexpected Return

Fiuh… Sampai juga ke generasi 10. Dan ini adalah mobil yang saat ini bisa ditemukan di dealer – dealer resmi Honda. Ya tentu saja, karena ini adalah Civic generasi terbaru.

Dan mengatakan generasi “baru”, Honda betul – betul mengaminkan kata “baru” tersebut. Karena Civic terbaru ini memang benar – benar baru, menggunakan platform Honda global terbaru yang juga berbagi dengan CR-V generasi kelima atau “CR-V Turbo”.

Sama seperti saudaranya, mobil ini juga nama jualannya “Civic Turbo”.

Secara desain juga baru, dan kalau emblemnya dilepas saya rasa anda akan mengira ini mobil Eropa, karena memang desainnya lebih ke Eropa – Eropaan. Lebih mewah dan lebih besar dengan gaya ala – ala Sportback.

IMG_20170501_114846

IMG_20170501_114950

Yang lebih mengejutkan lagi, spesifikasi teknisnya yang juga seperti mobil Eropa. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa Civic Type R generasi 9 adalah “prequel” dari teknologi VTEC TURBO, kali ini Civic “ekonomis” – yang – harganya – tidak – ekonomis ini juga mengadopsi teknologi VTEC TURBO dengan mesin 1.5 Liter alias turun dari sebelum – sebelumnya yang 1.8 Liter dan 2.0 Liter. Tetapi ini bukan mesin 1.5 Liter biasa.

Basis mesin ini adalah mesin Honda Jazz JDM (L15B-Earthdreams) yang dimodifikasi dengan Turbo dan internalnya diubah semua untuk mengantisipasi kenaikan tenaganya. Mesin yang serupa juga dipasang di Honda CR-V terbaru dengan tenaga lebih besar 20hp dan torsi lebih besar 23 Nm.

L15B7 VTEC TURBO dengan tenaga 170 hp dan torsi 220 Nm.

Tenaga mobil ini 15 hp lebih besar dari Civic 2.0 Liter, yaitu 170 hp dan torsi yang cukup masif, 220 Nm. Dipadukan dengan transmisi CVT. Akselerasinya JAUH lebih kencang daripada versi 2.0 liter lama, jika versi 2.0 Liter di FD2 sanggup menyelesaikan 0-100 km/h dalam 9.6 detik, maka Civic 1.5 Turbo sanggup menyelesaikannya dalam waktu 7.7 detik! Angka spektakuler yang lebih kencang bahkan dibanding Golf MK7 TSI 1.4 Liter.

Sayangnya emblem “VTEC” di mobil ini seperti hanya hiasan karena mobil ini tidak mempunyai cam VTEC, seperti yang sudah pernah saya bahas di artikel lama tentang mesin ini.

Meski begitu, di beberapa negara luar masih dipasarkan versi 1.8 liter SOHC bertenaga 141 hp, tapi mungkin Honda Indonesia merasa tidak perlu. Awalnya mobil ini diperkenalkan pada tahun 2016 di Indonesia dan hanya tersedia versi sedan dengan harga 480 juta-an.

CR-V generasi kelima, satu basis dengan Civic generasi 10 (autowp.ru)

Di Amerika tersedia versi sedan Si dengan mesin serupa namun di-tweak lebih jauh menjadi 205 hp dan menggunakan transmisi 6-speed Manual dan 0-100 lebih kencang 1,2 detik dibanding versi normal.

Honda Civic Si sedan (autowp.ru)

And the Hatchback Returned…

Pertengahan tahun 2017, akhirnya Honda Indonesia kembali memperkenalkan Civic Hatchback, dan Civic Hatchback generasi 10 ini adalah kembalinya Civic Hatchback ke Indonesia setelah vakum selama 20 tahun dengan model terakhir Estilo.

Salah satu ciri khas model hatchback adalah airdam yang lebih besar di bagian depan dan grill berwarna hitam.

Model Hatchback ini seperti biasa mengincar pasar konsumen yang lebih muda, tampangnya pun lebih agresif dan karena dikategorikan minibus, mobil ini punya pajak yang lebih murah dibanding versi sedan, sehingga harganya untuk tipe tertinggi saja masih berselisih 40 juta-an dibanding sedan, dan tipe terendahnya malah berselisih 80 juta!

Menurut data – data yang beredar akselerasi 0-100 di Hatchback lebih kencang 0.2 detik dari versi sedan.

Sayangnya hatchback tidak tersedia versi transmisi manual, hanya tersedia transmisi CVT.

2017 Fifth Generation Type-R (FK8) : First Type-R to be Sold Globally

Type-R, sekali lagi mengambil basis dari Civic Hatchback. Dan yang mengejutkan lagi : Type-R baru kali ini dijual secara global, termasuk di Indonesia.

Harga mobil ini 955 juta OTR DKI Jakarta. Mahal ? Well, sebanding dengan performanya kok.

Well, sepertinya ini adalah Civic Type R dimana Honda kepengen sarkas. Karena di Amerika, Honda terkenal sebagai mobil “ricer“. Ricer adalah slang words untuk “racer wannabe“, artinya mobil – mobil yang “racing look” tetapi mesin standar tidak kencang.

(Carthrottle)

Bisa dibilang Type-R terbaru ini adalah mobil yang “riced from the factory“… tapi tentu ini mobil ricer yang kencang. Jadi dengan semua aksesoris fake carbon fiber dan gaya “ricer“, Honda ingin mengejek para haternya.

Kayak anak SMA yang sering di-bully tapi bapaknya preman… Don’t mess with it.

Mesin masih serupa dengan generasi sebelumnya. K20C1 VTEC TURBO, tenaganya naik 10 hp menjadi 316 hp, tetapi di Indonesia mesin ini di-downgrade menjadi 306 hp. Mungkin alasan kualitas BBM… So cliche

Untuk versi mesin Type-R ini memiliki mekanisme cam switching VTEC tetapi hanya untuk membantu torsi di putaran bawah.

Transmisi tetap hanya tersedia 6-speed Manual close-ratio.

Sistem suspensi dan steering mobil ini juga spesial, sudah pernah saya bahas juga di artikel terpisah. Sehingga walaupun punya torsi 400 Nm tapi dengan penggerak front-wheel drive mobil ini tidak mudah torque-steer.

Mobil ini mendapat banyak sekali pujian dari wartawan lokal maupun internasional karena performanya. Yah, saya juga penasaran dan ingin mencoba mobil ini suatu saat…

Epilogue

Well, itu semua tentang Honda Civic dari generasi ke generasi, khususnya di Indonesia. Semoga saja tidak bosan membacanya dan tentu saja menambah wawasan dan informasi mengenai Honda Civic.

Artikel tentang Automotive History akan terus berlanjut, dan saya harap sekali lagi pembaca bisa menghargai mobil tidak hanya sebagai entitas tapi juga sebagai sebuah cerita dan bagian dari budaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *