Di era 80s sampai 90s , selain Civic, kita juga mengenal dua nama lain yang cukup tersohor : Toyota Corolla dan Mitsubishi Lancer.

Setelah membahas Honda Civic, saya cukup tertarik untuk membahas saingannya yaitu Mitsubishi Lancer.

Iklan Mitsubishi Lancer (pinterest)

Membahas sedan legendaris Mitsubishi ini, adalah tantangan tersendiri bagi saya. Tidak lain karena sejarah Mitsubishi Lancer begitu rumit dan unik dibanding mobil – mobil sekelasnya.

Rumit ? Ya, karena jika Honda Civic di negara manapun namanya “Civic” dan mereknya pasti Honda, atau Toyota Corolla di negara manapun namanya pasti “Corolla” dan mereknya pasti Toyota. Lain dengan Mitsubishi Lancer.

Lancer sangat banyak melakukan badge engineering terutama dengan merek Amerika seperti Dodge, Chrysler, Plymouth, lalu ada juga merk Malaysia, Proton. Lalu nama Lancer sendiri juga menggunakan banyak nameplate seperti Colt dan Mirage.

So, this is the first part… Yet the most confusing part…

1973 – 1979 (A70) : The “Middle” Class

Lancer secara resmi keluar pada tahun 1973, meskipun yang masuk Indonesia pertama kali adalah Lancer SL (1981). Karena itu pembahasan tentang mobil ini mungkin akan sangat minim.

Lancer, dari awalnya dikeluarkan untuk menjadi pengisi celah antara kei-car Mitsubishi Minica dan Galant yang lebih besar.

Ditawarkan dalam bentuk 2-pintu, 4-pintu, wagon, dan 3-pintu fastback dengan nama “Celeste”.

Lancer berbentuk sedan (autowp.ru)

Lancer Coupe (autowp.ru)

Mitsubishi Lancer “Celeste”, dengan bodi mirip Ford Mustang (autowp.ru)

Lancer 1600 GSR, versi terkencang dari Lancer generasi pertama (windingroad)

Varian mesinnya bervariasi mulai dari 4G42 1.2Liter bertenaga 68 hp, 1.4 Liter Saturn 4G33 bertenaga 90 hp, dan 1.6 Liter 4G32 1.6 Liter bertenaga 97 hp.

Adapun varian 1600 GSR punya mesin 107 hp, yang terkencang di era ini.

1981 – 1984 Second Generation “SL” : Officially Introduced in Indonesia

Setiap generasi Lancer “jadul” selalu menjadi mobil yang klasik, dan SL tentu adalah salah satunya. Tidak kalah dengan saingannya, Corolla DX, Lancer SL juga banyak diburu oleh para kolektor dan penggemar Mitsubishi.

Lancer SL, mengadopsi bentuk serupa kakaknya Galant Sigma yang cenderung mengotak. Mobil ini masih jadi incaran para kolektor sampai sekarang (autowp.ru)

Di Indonesia, ditawarkan hanya dalam versi 1.4Liter 4G33 dengan teknologi “silent shaft“, yaitu dua buah counter-balancing shaft yang bertujuan mereduksi getaran di mesin 4-silinder. Tenaganya mencapai 80 PS atau sekitar 78 hp.

Selain versi ini, varian mesinnya juga bermacam – macam dari 1.400cc sampai 1.800cc di luar Indonesia. Mesin ini juga sama dengan yang digunakan oleh Mitsubishi L300 bermesin bensin.

Transmisi yang ditawarkan oleh Mitsubishi di Indonesia pada saat itu hanya 5-speed Manual.

1800 Turbo Series : The Prequel to Evolution

Trimline Mitsubishi Lancer (modifikasi.com)

Adapun pada saat itu Lancer belum menggunakan badge “Evolution” pada versi beringasnya.

Sebagai penerus dari 1600GSR lama, Lancer memiliki varian 1800Turbo bermesin 1.8 Liter Turbocharged 4G62T varian GSR dan GT, dan versi ’84 – ’87 mendapat update intercooler sehingga tenaga naik menjadi 160 PS dari yang sebelumnya 135 PS. GSR dan GT hanya berbeda equipmentnya saja.

Lancer EX 1800 GSR Turbo (favcars)

Di Eropa, terdapat trim EX 2000 Turbo dengan mesin legendaris Mitsubishi yang ke depannya menghuni ruang mesin Lancer Evolution : 4G63T, saat itu sudah berteknologi EFI dan tenaganya 170 PS dengan top speed 200 km/h.

Lancer EX 2000 Turbo (autowp.ru)

200 km/h untuk mobil Jepang tahun 1980-an… Sounds insane.

Versi rally dari EX 2000 Turbo bertenaga 280 hp dibuat untuk balap Rally pada saat itu.

Mobil Reli berbasis Lancer EX 2000 Turbo (rally group b shrine)

“Mirage-based” Lancer

Mulai generasi kedua, Lancer di Indonesia adalah mobil yang berbasis subcompact car Mitsubishi bernama Mirage, atau di beberapa versi bernama Colt. Jika Lancer SL menggunakan penggerak roda belakang atau Rear-wheel Drive, maka Lancer Mirage menggunakan penggerak roda depan.

Well… Mirage, jika terdengar oleh generasi zaman now bukanlah mobil yang “wow” … Karena sudah bermetamorfosa menjadi citycar Mitsubishi.

Nameplate Mirage, berakhir di citycar yang…. ah sudahlah (autowp.ru)

But this car, or I should say, nameplate, has a long-yet-so-complicated history, really.

1984 – 1987 2nd Generation Lancer : The Missing Link. 

Pertama saya agak kesulitan men-trace mobil ini jika menilik dari sejarah Mitsubishi Lancer. Karena lifespan Mitsubishi Mirage dan Lancer SL itu bertabrakan. Lancer SL secara internasional adalah mobil dengan badge Lancer hingga tahun 1987 sebelum digantikan oleh Lancer “Dan-gan” .

Sedangkan di Indonesia, Lancer SL life span nya hanya 1981 – 1984, sedangkan generasi 1984 – 1987 digantikan oleh Mirage.

Lancer berbasis Mirage pertama di Indonesia, populasinya tidak terlalu banyak (autowp.ru)

Mitsubishi “Mirage” , atau ya kita sebut saja Lancer karena di Indonesia menggunakan nameplate Lancer, ditawarkan dalam versi 1.5 Liter, lebih besar 100cc dari pendahulunya Lancer SL, berkode 4G15 SOHC bertenaga 86 PS dan transmisi 5-speed. Lagi – lagi mesin ini berbagi basis dengan minivan Mitsubishi “Tisoss” T120ss.

Sayang mobil ini di Indonesia kurang sukses secara penjualan, maka dari itu populasinya tidak banyak dan kurang dikenal di kalangan kolektor jika dibandingkan Lancer SL.

Saat itu, tersedia juga versi hatchback 5-pintu di Indonesia. Di luar ada juga versi hatchback 3-pintu (autowp.ru)

Versi performance dari Mirage adalah 1600 GSR Turbo bermesin 1.6 Liter 4G32T dengan tenaga dari 103 PS sampai 125 PS tergantung pada negara mana ia dipasarkan.

Mirage 1600 GSR Turbo (autowp.ru)

1987 – 1995 3rd Generation Lancer “Dan-Gan” : The Lancer GTi Introduced

Orang yang hidup di era ’90an pasti mengenal nama “Dan-gan” yang legendaris. Produk sedan Mitsubishi pada era ini terkenal dengan wajah yang mengotak tajam dan lampu yang menyipit panjang, memberikan kesan agresif. Misalnya Galant “Eterna” yang segenerasi dengan Dan-Gan, Lancer CB “Evo III”, Galant “Lele”, Lancer CK “Evo IV”, dan yang terakhir Galant ST “Hiu”.

Gaya desain DanGan sedan sendiri memiliki kemiripan dengan Eterna, terutama di bagian kaca belakang yang nyaris vertikal.

Lancer “Dan-Gan” (autowp.ru)

Mitsubishi Galant “Eterna” (autowp.ru)

Selain model sedan, di luar negeri juga ada versi hatchback 3-pintu dan liftback.

Lancer versi Liftback (autowp.ru)

Lancer versi Hatchback saat itu bernama “Mirage”.

Lancer Dan-Gan merupakan model yang populer di Indonesia, di saat itu diperkenalkan dalam dua tipe : GLX bermesin 4G15 1.5 Liter Karburator dan GTi bermesin 4G61 1.6 Liter Injection bertenaga 123 hp. Di tahun 1991 versi GTi mendapatkan mesin 4G67 1.8 Liter Injection bertenaga 134 hp. Ini adalah Lancer pertama yang menawarkan mesin Injeksi. DanGan GTi pada saat itu bersaing dengan Corolla Twincam GTi.

Twincam GTi, lawan dari Lancer GTi pada saat itu (blognyamitra)

Varian GTi menjadi badge legendaris di Lancer generasi DanGan dan generasi berikutnya : CB-series. Sampai sekarang mobil ini juga masih menjadi favorit bahan terutama untuk balap. Kebanyakan Lancer DanGan di-swap engine menggunakan 4G63T Evolution.

Adapun versi terkencang dari DanGan yang sebenarnya memiliki nama “Lancer GSR” dengan mesin 4G61T 1.6 Liter 145 PS dan penggerak All-Wheel Drive (AWD).

Lancer GSR 1.6 Liter Turbocharged (wikimedia commons)

Baiklah, seperti biasa, generasi keempat disambung ke post lain karena akan sangat panjang. Karena kita sekalian bercerita tentang legenda dari Mitsubishi Evolution.

(logosolusa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *