Baiklah kita lanjut…

(actually, gara-gara ngomongin AE86 di post sebelumnya jadi keasikan nonton anime Initial-D).

1987 – 1992 Sixth Generation (E90) “Twincam” : The Corolla with GTi Badge

Generasi ini sering disebut Corolla “Twincam“, karena ini Corolla pertama bermesin DOHC. FYI, Twin-Cam adalah istilah lain dari DOHC. Dual Overhead Camshaft – TwinCam.

Corolla E90 “Twincam” (autowp.ru)

Walaupun sebenarnya generasi ini tidak semua variannya bermesin DOHC, varian terendahnya adalah EE90 bermesin 2E 1.3 Liter Karburator 72 PS. Tipe terlaris adalah AE92 yang bermesin 1.6 Liter DOHC 4A-F bertenaga 94 PS, ya, ini yang disebut “TwinCam“.

Sedangkan varian tertinggi nya adalah Corolla “Twincam GTi” bermesin 1.6 Liter DOHC 4A-GE 140 PS. Ya, the legendary 4A-GE engine… bahkan Honda pun nggak pernah secara resmi masukin B-engine… Rivalnya tentu saja Lancer DanGan GTi bermesin 1.8 Liter yang kita bahas sebelumnya.

Corolla “Twincam” GTi (indonesiacorollagti)

Selain itu Levin dan Trueno tetap dilanjutkan dengan kode bodi AE92, tetapi kali ini menggunakan mesin 4A-GE dengan Supercharger.

Selain model bodi sedan, juga ada beredar versi liftback dari Corolla Twincam.

Corolla “Twincam” Liftback (autowp.ru)

1992 – 1996 Seventh Generation (E100) “Great Corolla / Greco” : Upclassed

Ukuran yang semakin melar membuat Corolla generasi ketujuh “naik kelas”, menyasar konsumen yang lebih mapan. Corolla ini disebut “Great Corolla” di Indonesia, atau disingkat “Greco”.

Toyota “Greco” (E100) (autowp.ru)

Mobil ini disebut – sebut salah satu Corolla terbaik, dan tepat pada saat mobil ini diluncurkan juga bersaing dengan Lancer “Evo III” dan Honda Estilo / Genio. Ketiganya disebut merupakan legenda di “klan” nya masing – masing, juga favorit untuk balap. Ditawarkan dalam varian SE 1.3 Liter 2E Karburator (yang akhirnya digantikan dengan mesin 1.6 Liter juga di tahun 1994) dan SE-G 1.6 Liter 4A-FE 115 PS. Tidak ada varian GTi pada Corolla generasi ini.

1996 – 2000 Eighth Generation (E110) “All New Corolla” 

Ya, sebutan yang cukup aneh karena biasanya namanya model baru ya pasti all new… Cuma sampai sekarang beruntungnya All New Corolla ya cuma ini (karena generasi berikutnya disebut Altis).

Corolla “All New” E110 (autowp.ru)

Mesin yang digunakan sama, 1.6 Liter 4A-FE 115 PS dengan tipe SE-G dan S-Cruise.

Ya, terbukti kalau dari jaman dulu Toyota  selalu males ganti-ganti mesin. Sudah dari generasi TwinCam mesin ini digunakan. Jadi jangan heran kalau mesin 2KD Innova dan 1NZ Yaris baru ganti setelah 10 tahun lebih…

Mungkin karena masa edar yang lama perawatan mesin Corolla tua tidak terlalu menjadi masalah…

Di tahun 1998 baru mesin ini diganti menjadi 7A-FE 1.8 Liter XLi dan SE-G dengan tenaga 120 ps.

“All New” Corolla sayangnya kalah populer dibanding GreCo, bahkan harga jual kembali pun masih lebih tinggi GreCo.

2001 – 2007 Ninth Generation (E120) “Altis” : The Budget Camry.

Di generasi 9, Corolla mulai menggunakan nama “Altis”, dan desainnya pun lebih ke arah mewah, lebih menyasar konsumen yang lebih mapan. Sejak generasi Altis ini, Corolla selalu terlihat seperti “Budget Camry” atau Camry versi kompak, karena memang bentuknya demikian.

Corolla “Altis” E120 (autowp.ru)

Corolla Altis menggunakan mesin baru 1.8 Liter berkode 1ZZ-FE 140 PS, tenaganya lebih besar 10PS daripada Honda Civic ES, ya maklum kapasitasnya lebih besar. Di tahun 2004 mesin ini mendapat tambahan teknologi VVT-i. Tersedia dalam tipe J dan G bertransmisi Manual 5-speed dan Automatic 4-speed.

Sayangnya untuk teknologi suspensi Altis malah menggnakan torsion beam, walaupun mobil ini terkenal paling empuk di kelasnya.

Fun fact, untuk mengiklankan mobil ini Toyota menggunakan Brad Pitt, sehingga terkenal sebagai Altis “Brad Pitt”

2008 – 2013 Tenth Generation (E140) “Altis” : Some Major Upgrades

Masih menggunakan nama “Altis”, Corolla generasi 10 ini sedikit complicated karena memiliki beberapa varian bodi, tapi kita akan fokus kepada Corolla yang dijual di Indonesia saja.

Corolla “Altis” E140 (autowp.ru)

Masih ditawarkan dalam mesin 1ZZ-FE 1.8 Liter VVT-i dalam varian E, G, V. Tipe E bertransmisi manual 5-speed dan G serta V bertransmisi Automatic 4-speed, perbedaannya hanya di trim kemewahan saja.

Secara desain bodi tidak banyak berubah di generasi ini, hanya sedikit penyempurnaan dibanding Altis sebelumnya. Jika anda bukan penggemar mobil akan kesulitan membedakannya.

Tahun 2009 keluar versi 2.0V 3ZR-FE 155PS menggantikan 1.8V dengan desain bodi lebih sporti, agak mirip Corolla XRS di Amerika.

Corolla Altis 2.0 V (paultan)

Corolla secara teknikal tidak pernah unggul dibanding Honda Civic, tetapi Altis selalu menang dalam hal kenyamanan dan fitur kemewahan. Tetapi di tahun 2010 Altis meluncurkan sebuah update besar – besaran di segi teknis, yang diberi nama “Grand New Corolla Altis” (yang selanjutnya diikuti “Grand New” Fortuner dan “Grand New” Innova… ).

Desainnya mendapat sentuhan ringan yang sedikit banyak membuatnya lebih elegan.

“Grand New” Altis (autowp.ru)

Tipe 2.0V punya desain lebih sporti, walaupun versi Indonesia tidak ada wing belakang (autowp.ru)

Yang menarik adalah ubahan teknis pada Grand New Altis ini. Mesin 1ZZ-FE diganti menjadi 2ZR-FE berteknologi Dual VVT-i dan mesin 3ZR-FE juga mendapat update teknologi Dual VVT-i. Tenaganya masing – masing naik menjadi 151 PS dan 158 PS.

Dan ini pertama kali juga Corolla Altis menggunakan transmisi CVT. Ya walaupun tetep suspensi belakangnya nggak beda sama Yaris… Torsion beam.

Altis TRD Sportipu… eh Sportivo (autowp.ru)

2014 – now Eleventh Generation “Altis” (E170) : The “Sporty” Altis

Mengikuti bahasa desain baru Toyota “keen look”, Altis generasi ketiga atau Corolla generasi ke-11 ini pun berubah bentuk sangat drastis.

Jika selama ini Altis terkenal dengan model yang cenderung kalem, tetapi Altis generasi terbaru ini justru menerapkan desain yang lebih sporti.

Corolla Altis E170 (autowp.ru)

Kabar bagusnya, ia muncul 2 tahun setelah Honda Civic generasi ke-9, ya secara tampang jelas Altis lebih “menjual”.

Yaaa…. (autowp.ru)

Sayangnya hanya ditawarkan dalam versi 1.8 Liter 2ZR-FE Dual VVT-i 151 PS CVT sama seperti sebelumnya, tidak ada versi 2.0 Liter lagi padahal Toyota memiliki mesin 3ZR-FAE dengan Valvematic yang lebih canggih di NAV-1/Voxy dan Harrier. Pilihan trim kemewahan ada tipe E dan G.

Sayangnya ya itu walaupun desain sporti dan terkenal nyaman, suspensi belakangnya tetap tidak berubah… Ya ini sayang sih desain baru tapi nggak ada update signifikan.

Tahun 2016 mendapat ubahan tampilan yang lebih sporti, ya walaupun nggak berhasil juga bikin peminat Civic Turbo berpaling… Ya bagaimanapun teknologinya sudah outdated jauh, walaupun nggak separah Corolla sebelum – sebelumnya yang teknologi bisa bertahan 3 generasi lamanya.

 

 

2016 Facelift, lebih agresif tapi belum cukup untuk melawan Civic. (autowp.ru)

Konon kabarnya generasi terbaru Corolla juga akan menggunakan mesin berturbo yang di-supply oleh BMW… Bisa jadi paling mungkin adalah 1.5 Liter Turbo B38 3-silinder sama dengan MINI Cooper dan BMW X1.

Ya kita tunggu saja kejutan berikutnya… Tentu akan semakin seru jika benar Toyota dan BMW bekerjasama mengembangkan Corolla terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *