All-new Suzuki Carry Pick-up : Wajah Pickup Modern

Orang Indonesia sudah pasti mengenal Suzuki Carry. Biasanya mobil non-bonnet kompak Suzuki ini banyak digunakan untuk angkutan kota (angkot) dan versi pick-up nya untuk usaha skala besar maupun kecil. Bersamaan juga dengan saudara “kembar” nya Mitsubishi Colt T120ss pada generasi Carry Futura. Sebuah fun fact , meski namanya dalam bahasa Inggris seharusnya dieja “Kerri” tapi di kalangan supir dan orang awam menyebutnya “Cerri”.

Silsilah Suzuki Carry pick-up

https://cintamobil.com/pasar-mobil/ngaku-anak-mobil-jangan-bilang-enggak-tahu-sejarah-lengkap-suzuki-carry-di-indonesia-aid3788 )

Kehandalan Suzuki Carry juga banyak terbukti di populernya minibus non-bonnet ini sebagai angkot 

https://mobil.mitula.co.id/mobil/suzuki-carry-2015-garut )

Mobil pick-up di Indonesia sebenarnya jarang sekali mengeluarkan model baru, kalaupun ada itu hanya minor update dan tak ada ubahan berarti di sektor lain. Maklum mobil seperti ini memang layaknya tidak canggih-canggih amat karena digunakan untuk usaha yang orientasinya ekonomis dan tahan banting, kalau bisa di daerah susah bensin sekalipun harus bisa tetep hidup mbuh yok opo corone. Makanya, mesin G15A Suzuki yang bandel itu meski tergolong jadul tapi terus dipertahankan.

mesin G15A digunakan di Carry Futura PU, Minibus, APV, dan Mega Carry.

https://citraasribuana.com/index.php/produk-suzuki/commercial-car/futura-pick-up-fd-wd.html )

Tetapi baru-baru ini Suzuki merilis Carry terbaru. All New Carry. Ini bukan cuma Carry lama ganti casing, tapi benar – benar all-new. Dari sasis, mesin, bodi, semuanya baru.

Bodi

Dari ukuran bodi saja All New Carry ini membengkak sangat besar. Sebetulnya Carry berukuran “besar” ini dulu sudah ada bernama Mega Carry alias APV Pick-up. Tetapi oleh Suzuki sekarang baik Carry maupun Mega Carry sudah “disatukan” ke All New Carry, dan dimensinya bahkan jauh membesar dibanding Mega Carry. Berikut perbandingan dimensinya :

All New Carry Pickup :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PxLxT (mm) : 4.195 x 1.765 x 1.910

Wheelbase : 2.205mm

Turning Radius : 4.4m

Mega Carry :

https://www.suzuki.co.id/automobile/mega-carry-pick-up )

PxLxT (mm) : 4.155 x 1.680 x 1.865 (Std), 4.405 x 1.750 x 1.865 (Xtra)

Wheelbase : 2.625 mm

Turning Radius : 4.9 m

Carry Futura Pickup :

https://www.suzuki.co.id/automobile/new-carry-pick-up-flat-deck

PxLxT (mm) : 3.720 x 1.560 x 1.825

Wheelbase : 1.970 mm

Turning Radius : 4.2 m

Kesimpulannya, meski dimensinya secara keseluruhan lebih besar, tetapi All New Carry menggabungkan kelebihan Mega Carry dengan kepraktisan Carry PU dengan radius putar kecil, bahkan lebih kecil 0.3 m dibanding rivalnya, Granmax Pick Up. Sehingga secara keseluruhan ia adalah best of both worlds.

Kabinnya besar dan lebih ke mengotak bentuknya dibanding membulat seperti Carry Futura. Kaca sampingnya juga lebar. Pembengkakan ukuran kabin ini membuat All New Carry jadi memiliki kabin yang lebih luas dari kompetitornya, Granmax pick-up sekalipun. Interiornya pun untuk ukuran pick-up bisa dibilang nyaman, ruang kakinya cukup besar dan ke samping juga sepertinya muat buat 4 orang karena lebar. Setidaknya, supir dan kenek nya jadi nggak perlu dempet-dempetan.

Interiornya lapang dan posisi duduknya lumayan ergonomis untuk ukuran pickup 

Carry pick-up terbaru ini memiliki daya muat sekitar 1 ton, naik 200kg dibanding Carry Futura pick-up dan setara dengan Mega Carry. Ini artinya kapasitas angkutnya nyaris menyamai Mitsubishi L300 yang juga sekitar 1 ton.

Ukuran bak Suzuki Carry

Memiliki kapasitas angkut hingga 1 ton 

https://www.suzuki.co.id/automobile/new-carry )

Sasis

Suzuki mengklaim Carry terbaru ini menggunakan sasis baru yang juga didesain lebih kuat. Tidak ada penjelasan lebih mengenai ini, yang jelas ini sasis yang berbeda saja. Mempertegas ini bukan sekedar Carry ganti bodi.

Sasis tebal ini juga mungkin saja penyebab Carry memiliki kapasitas angkut lebih besar. Tidak hanya bermodal bak besar, tapi juga sasis lebih kuat.

https://www.suzuki.co.id/automobile/new-carry )

Mesin

Yang mengejutkan, Carry mengenakan mesin terbaru berkode K15B-C. Kode mesin ini sama dengan Suzuki All New Ertiga. Dengan kata lain mempensiunkan mesin G15 yang legendaris itu. Sangatlah jarang sebuah mobil niaga mendapatkan pembaruan di mesin.

Tetap mempertahankan posisi mesin di kolong 

https://otodriver.com/article/view/alasan-suzuki-menggunakan-mesin-ertiga-untuk-new-carry-pick-up/4UsEPzlAwjD0DKxU89W5pm8m0fBI0kueV2NCL7rcJUM )

Meski unit yang sama dengan Ertiga, tetapi output mesinnya lebih rendah sekitar 7 hp dan 3 Nm. All New Carry hanya menghasilkan output sebesar 97hp @ 5.600 RPM dan torsi 135Nm @ 4.400 RPM. Sedangkan Suzuki Ertiga 104,7 hp @ 6000 RPM dan torsi 138 Nm @ 4.400 RPM. Dikarenakan mesin K15B-C ini tidak dilengkapi VVT dan bisa jadi rasio kompresi lebih rendah, supaya lebih ramah terhadap BBM jelek mungkin ?

Figur ini mirip dengan mesin 3SZ-VE Daihatsu Granmax, 97 hp @ 6.000 RPM dan 135 Nm @ 4.400 RPM. Bedanya Daihatsu Granmax sudah dibekali VVT-i. Stroke mesin Granmax juga lebih panjang, 91 mm dibanding Carry yang 85 mm. Sayang Suzuki belum mencantumkan figur rasio gigi transmisi.

 

Jika dibandingkan dengan mesin G15A lama, K15B-C lebih tinggi 18hp dan 15 Nm. G15A mengeluarkan 78.8hp @ 5.500 RPM dan 120 Nm @ 3.000 RPM.

Sayangnya Carry pick-up ini masih belum dilengkapi varian mesin diesel. Mesin diesel Suzuki satu-satunya ada di Suzuki Ertiga Diesel lama, yang itupun tidak ramah terhadap Biosolar.

Mesin Suzuki Ertiga Diesel, mungkin satu-satunya mesin diesel modern Suzuki yang pernah mendarat di Indonesia. Sayangnya mesin ini tidak ramah dengan BBM jelek.

http://www.tribunnews.com/otomotif/2017/02/09/yang-bedakan-mesin-diesel-suzuki-ertiga-dan-chevrolet-spin )

Fitur

Perlukah membahas fitur di sebuah pick-up ? Mungkin standar saja sebenarnya, tapi ini satu-satunya pick-up yang sudah dilengkapi kunci immobilizer. Yup, ini jadi membuat mikir-mikir kenapa selama ini nggak ada pabrikan yang berpikir menambah immobilizer ke pick-up nya ya ? Secara mobil pick-up sangat rentan dengan kejahatan curanmor.

Sisanya audio standar di semua varian dan AC/PS optional.

Udah, itu aja.

Harga ?

Carry pick-up ini ada 4 varian mulai harga 136.5 juta sampai 145.1 juta.

Tipe non-AC dan non-PS dibanderol 136.5 juta untuk Flat deck dan 136.6 juta untuk Wide deck. Sedangkan untuk versi AC dan PS menambah 8.5 juta masing – masing. Plus, ada banyak diskon dan promo menarik dari Suzuki termasuk gratis servis sampai 50.000 KM.

Rivals

Rival terdekat Suzuki Carry PU adalah Daihatsu Gran Max PU, dibanderol dari 132.9 juta sampai 144.6 juta. Tetapi harga 132.9 juta itu untuk versi 1.3L, sedangkan versi 1.5L mulai dari 137.9 juta, sehingga jika dibandingkan dengan Carry yang juga 1.5, harga keduanya mirip – mirip dengan equipment yang mirip, meski Gran Max kalah baru dan belum dilengkapi kunci Immobilizer. Ini belum termasuk promo dan diskon dari kedua merek.

Gran Max Pickup 

https://daihatsu.co.id/product/granmax-pu )

Selain itu jika masih ingin dianggap sebagai rival, masih ada juga Mitsubishi T120ss dengan rentang harga termurah dari 112.5 juta sampai 115 juta. Tetapi jelas ia paling inferior dibanding kedua rival sesama Jepang nya, karena basis nya saja Carry Futura. Sepertinya di segmen Commercial Mitsubishi lebih menjagokan L300 yang kelasnya di atasnya.

Mitsubishi T120ss, pesaing sekaligus kembaran dari Carry lawas 

https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjq_p3M5YniAhUJ63MBHfeLDM4QjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Fwww.mitsubishi-motors.co.id%2Four-cars%2Ft120ss&psig=AOvVaw24PY8Ygv_05_CBlElNvf_8&ust=1557331369624150 )

Pesaing lain datang dari India, TATA Super Ace 1.4 seharga 123.9 juta bermesin 1.4 Liter Turbodiesel 70PS,

TATA Super Ace 

https://id.priceprice.com/TATA-Super-Ace-14131/ )

Sedangkan ada juga pesaing datang dari Tiongkok, DFSK Supercab 1.5 bensin dengan harga mulai dari 124.9 juta dan versi diesel 1.3 Liter nya 150 juta, keduanya sudah dilengkapi AC.

DFSK Supercab

https://www.dfskmotors.co.id/id/vehicle/super-cab )

Mitsubishi L300 dan Isuzu Traga sudah beda kelas, dan harganya juga berselisih cukup jauh.

 

 

 

 

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *